Headlines News :
Home » , , , , » Windows 7 Gagal Booting

Windows 7 Gagal Booting

Written By Firman on 11 Januari 2013 | 1/11/2013

Ada kalanya melakukan aktivasi OS menggunakan software loader mengalami masalah, seperti yang terjadi pada notebook saya beberapa hari yang lalu. Baru satu bulan saya beli notebook Dell Inspiron N4110 ini, karena sering saya pakai install-uninstall software yang aneh-aneh (pengen nyobain) akibatnya kinerja notebook saya ini pun semakin berat, apalagi banyak registry file yang sudah saya utak-atik dan banyak yang missing. 

Nah.. ketika saya install ulang operating system saya dengan Windows 7 Ultimate, semuanya berjalan dengan lancar, sampai setelah saya install loader saya merasa ada yang aneh, saat melakukan restart ternyata tidak terjadi boot, hanya muncul merk notebook kemudian POST lalu restart lagi, begitu terus-menerus tanpa henti. Dari kasus inilah sekarang saya akan berbagi tips bagaimana mengembalikan proses booting seperti semula (normal boot).


Mula-mula masukkan CD Bootable Windows 7 ke dalam optical drive, kemudian :
  1. Boot CD Windows 7 tersebut
  2. Pilih bahasa yang agan mengerti atau yang tersedia (English)
  3. Pada bagian kiri bawah, Klik Repair your computer
  4. Pilih opsi Command Prompt
  5. Pada window cmd tersebut, ketikkan bootsect.exe /nt60 c:
  6. Kemudian lakukan restart 
Notebook agan sekarang dapat boot ke Windows lagi, dan dapat dipakai seperti biasa tanpa harus melakukan metode di atas setiap akan boot lagi. Tapi jika notebook agan masih autorestart melulu, lakukan lagi metode di atas (namun ganti langkah ke 5 dengan mengetikkan bootsect.exe /nt60 all).

Alternatif lain yang dapat dilakukan adalah dengan menekan tombol R atau ESC sesaat sebelum proses boot, dan pilih Windows Without Loader. Tapi jika memakai metode ini, tentu saja seperti agan memakai Windows dalam kondisi belum diaktivasi, dan otomatis agan perlu mencari loader lain yang sesuai. Semoga bermanfaat !

Lisensi Dokumen:
Copyright ® 2013 Namrif NominalNol. Dilarang menyalin sebagian dan atau seluruh konten tanpa ijin penulis. Konten ini dilindungi oleh Undang-undang HAKI Indonesia. Jika masih ingin menggunakan konten ini, silahkan cantumkan link ke konten ini.
DMCA.com
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Politeknik Elektronika Negeri Surabaya | SMK Negeri 1 Kota Mojokerto | SMP Negeri 1 Prambon Sidoarjo
Copyright © 2012. Bukan's Tutorial - All Rights Reserved
Template Created by Mas Kolis Re-Building by Bukan's Tutorial
Proudly powered by Blogger