Headlines News :
Home » , , , , , , » Cara Mengatasi Error E16 dan Error E13 Pada Printer Canon MP258

Cara Mengatasi Error E16 dan Error E13 Pada Printer Canon MP258

Written By Firman on 11 Mei 2012 | 5/11/2012

Error E16 dan error E13, rasanya sudah tidak asing lagi mungkin ya, bagi pengguna printer multifungsi usungan Canon berlabel MP258. Sebenarnya dua pesan error tersebut tidak hanya dapat muncul pada Canon MP258, hanya saja seri inilah yang paling sering mengalami error tersebut diantara jajaran canon MP-series lainnya.

Problem secara umum
Ketika printer dinyalakan, LCD panel menunjukkan angka 1 dan nampak normal-normal saja. Namun ketika kita melakukan perintah print, tiba-tiba muncul pesan error E16 seperti gambar berikut :

Tindakan penyelesaian
Jika muncul error E16 seperti di atas, maka catridge warna perlu di-reset. Hal ini terjadi karena beberapa hal, bisa karena tinta habis(runout) atau baru saja ditancapkan kembali(replace) setelah melakukan pengisian ulang tinta(refill). Cara me-reset printer Canon MP-series cukup mudah, yaitu tekan tombol STOP/RESET agak lama hingga LCD panel berputar, kemudian lepaskan. Sudah deh, beres !

Indikasi lanjutan
Jika pesan error E16 muncul lagi, atau bahkan muncul pesan error E13, berarti catridge hitam juga perlu di-reset. Ini nih kalau pesan error E13 ikutan nongol :

Tindakan tambahan
Jika muncul pesan E13 seperti di atas, lakukan reset lagi pada printer. Caranya tetap sama, yaitu tekan tombol STOP/RESET agak lama hingga LCD panel berputar, kemudian lepaskan. Sudah deh, beres !

Share this article :

1 komentar:

 
Support : Politeknik Elektronika Negeri Surabaya | SMK Negeri 1 Kota Mojokerto | SMP Negeri 1 Prambon Sidoarjo
Copyright © 2012. Bukan's Tutorial - All Rights Reserved
Template Created by Mas Kolis Re-Building by Bukan's Tutorial
Proudly powered by Blogger